Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas as-Syafiiyah Medan

Rusadi, Bobi Erno (2012) Implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas as-Syafiiyah Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah “bagaimana perencanaan, strategi, dan evaluasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA As-Syafiiyah Medan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perencanaan yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui Pendidikan Agama Islam di SMA As-Syafiiyah Medan, (2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan nilai-nilai karakter di SMA As-Syafiiyah Medan, (3) Untuk mengetahui evaluasi hasil dan proses pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA As-Syafiiyah Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian yang dijadikan objek adalah SMA As-Syafiiyah Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi untuk pengecekan keabsahan data dengan proses hasil wawancara dan observasi kemudian dicocokkan dengan isi dokumen yang terkait. Berdasar hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi: mendiskusikan nilai-nilai karakter yang akan ditanamkan, membuat silabus dan rpp, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perencanaan; (2) Strategi pembelajaran dalam implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi: strategi yang digunakan yaitu jigsaw, dan metode yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, pembiasaan, dan keteladanan, sedangkan teknik yang digunakan adalah dengan memberi stimulus di awal pembelajaran; (3) Evaluasi pendidikan karakter dalam implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu dengan melakukan evaluasi proses dan hasil.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:23
Last Modified: 24 Mar 2017 02:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item