Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Dalam Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Medan

Siregar, Nur Aisyah Rahma (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah Perempuan Dalam Mewujudkan Madrasah Mandiri Berprestasi Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kota Medan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Disertasi Tertutup.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kota Medan dengan tujuan untuk melihat strategi apa yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri yang berjenis kelamin perempuan dalam mewujudkan slogan madrasah dari Kementerian Agama tahun 2021 yaitu Madrasah Mandiri Berprestasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Jadi prosedur penelitian ini, akan menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeteksikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena secara apa adanya. Jenis penelitian deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus (case study). Penelitian studi kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan secara intensif terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Ditinjau dari wilayahnya, maka penelitian kasus hanya meliputi daerah atau subyek yang sangat sempit.Tetapi ditinjau dari sifat penelitian, penelitian kasus lebih mendalam. Pertama. Program kerja kepala madrasah perempuan. pada poin ini setiap kepala madrasah wajib menyusun kinerja kepala madrasah, kinerja tersebut harus sesuai dengan kebutuhan madrasah tersebut dalam rangka mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. Kedua. Komponen kemandirian madrasah, yaitu madrasah harus mampu mandiri dalam hal finansial dan mandiri dalam pembelajaran. Ketiga. Komponen prestasi, prestasi yang diraih oleh Kepemimpinan perempuan pada madrasah ibtidaiyah se-Kota Medan adalah mewujudkan madrasah berbasis lingkungan, sehingga banyak madrasah yang dipimpin oleh seorang perempuan yang berhasil meraih Adiwiyata dimulai dari tingkat Kota Madya sampai ke tingkat Nasional.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:31
Last Modified: 20 Jun 2022 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14192

Actions (login required)

View Item View Item