Kajian Input Konseling HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome) Di Puskesmas Teladan Medan

Sari, Sartika Sekar (2021) Kajian Input Konseling HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Syndrome) Di Puskesmas Teladan Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Sartika Sekar Sari.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jumlah kasus HIV di Indonesia mencapai puncaknya pada tahun 2019, yaitu sebanyak 50.282 kasus. Kasus HIV tahun 2019 sebanyak 64,50% adalah laki-laki, sedangkan kasus AIDS sebesar 68,60% pengidapnya adalah laki-laki. Hal ini sejalan dengan hasil laporan HIV berdasarkan jenis kelamin sejak tahun 2008-2019, dimana presentase penderita laki-laki selalu lebih tinggi dari perempuan.Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan input konseling HIV/AIDS di Puskesmas Teladan Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan desain fenomenologi. Data diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan pada 4 informan. Penelitian berlokasi di Puskesmas Teladan Medan selama bulan Oktober 2020. Hasil penelitian menunjukkan kekurangan jumlah petugas konseling dan belum sesuai dengan SOP, sumber pendanaan kegiatan dalam penyelenggaraan klinik VCT berasal dari JKN, BOK, dan swasta seperti Global Fund. Selain itu, sarana masih belum memadai, materi hanya disajikan dalam bentuk ceramah tanpa menggunakan media apapun, metode konseling dominan yang dilakukan adalah konseling individu. Poin penting lainnya adalah belum ada jadwal pelayanan dan penetapan waktu ketika melakukan konseling. Penelitian menyarankan pihak Puskesmas untuk menambah jumlah tenaga konseling, meningkatkan sejumlah sarana, memisahkan akses pintu masuk dan keluar, membuat penjadwalan pada kegiatan konseling dan melaksanakan pelatihan dan pembinaan terhadap konselor. Pihak Dinas Kesehatan Kota Medan hendaknya meningkatkan kualitas sumber daya konselor dengan mengadakan pelatihan dan pendidikan terkait konseling HIV/AIDS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 616 Diseases
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:31
Last Modified: 13 Jun 2022 07:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14179

Actions (login required)

View Item View Item