Kontribusi Persepsi Mahasiswa Tentang Kualitas Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di STIT Alittihadiyah Labuhanbatu Utara

Harmuliani, Nuzurul (2022) Kontribusi Persepsi Mahasiswa Tentang Kualitas Layanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di STIT Alittihadiyah Labuhanbatu Utara. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2 (1). ISSN 2775-2372

[img] Text
MALAY (NUZURUL HARMULIANI).pdf

Download (382kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bentuk pelayanan administrasi akademik terhadap mahasiswa pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. (2) Kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi akademik pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. (3) Kontribusi yang signifikan dari kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiwa di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil kuisoner yang disebarkan kepada responden sebanyak 108 responden yang dipilih dari 2 jurusan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara dengan menggunakan tabel Krejcie Morgan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, realibilitas, homogenitas, analisis regresi sederhana, uji koefisien korelasi dan uji hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pelayanan Administrasi Akademik mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Nilai Rhitung diperoleh berdasarkan pengujian tiap variabel sebesar 4,17dan Rtabel diperoleh berdasarkan jumlah populasi yang dilihat pada tabel statistik sebesar 0, 195, yang berarti Rhitung > Rtabel berdasarkan pengujian regresi sederhana dilihat dari nilai sig sebesar 0,195>0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat kontribusi yang signifikan antara kualitas layanan administrasi akademik terhadap kepuasan mahasiwa pada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Hubungan dari variabel independen dan variabel dependen dari penelitian ini dilihat dari hasil uji koefisien korelasi dapat diinterprestasikan bahhwa mempunyai hubungan yang sedang sebesar (0,402).

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 May 2022 15:24
Last Modified: 30 May 2022 15:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14129

Actions (login required)

View Item View Item