Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs Muhammadyah 01 Medan

Windi, Fanni Dwi (2022) Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MTs Muhammadyah 01 Medan. Jurnal Malay: Manajemen Pendidikan Islam & Budaya, 2 (1). ISSN 2775-2372

[img] Text
MALAY (FANNI DWI WINDI).pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan manajemen kelas, 2) Mendeskripsikan motivasi belajar siswa, 3) Mendeskripsikan pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah 01 Medan. Dalam penelitian ini peneliti merumuskan hipotesis sebagai berikut “Terdapat pengaruh yang signifikan manajemen kelas dengan motivasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah 01 medan”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di MTs Muhammadiyah 01 Medan yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Instrument dirancang berbentuk kuesioner untuk variabel manajemen kelas dan motivasi belajar siswa. Data analisis melalui teknik korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa di MTs Muhammdiyah 01 Medan sebesar 12%. Ini berarti semakin baik manajemen pada kelas maka semakin baik pula motivasi belajar siswanya. Sedangkan sisanya sebesar 88% diterangkan oleh faktor diluar penelitian.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.7 Kesejahteraan siswa/peserta didik
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 May 2022 15:21
Last Modified: 30 May 2022 15:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14128

Actions (login required)

View Item View Item