Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Cerdas Murni Tembung

Rezky, Fitri Sri and Siahaan, Amiruddin and Chaniago, Nasrul Syakur (2022) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Cerdas Murni Tembung. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 2 (1). ISSN 2775-2364

[img] Text
ISLAMI (FITRI SRI REZEKY).pdf

Download (396kB)

Abstract

Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk mewuudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Dalam mengarahkan visi dan misi pemimpin harus menetapkan tujuan ke arah kegiatan yang tepat dan memerintahkan untuk bergerak. Kepala Sekolah sebagai pengelola institusi pendidikan, tentu saja mempunyai peran yang teramat penting, Peran Kepala Sekolah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah, 2) bagaimana karakter kepemimpinan kepala sekolah, 3) bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah, 4) bagaimana kinerja guru, 5) bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah SMA Cerdas Murni Tembung dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi, selanjutnya penyajian data menggunakan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan, atau lisan dari subyek yang diamati yaitu, Kepala sekolah, Guru dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanan strategi kepala sekolah pada aspek kinerja guru yang mencangkup, pembinaan kinerja guru, pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin tenaga kependidikan, pemberian motivasi, pemberian penghargaan, kinerja guru yang mencangkup penyusunan prangkat pembelajaran, evaluasi hasil proses belajar, dan tindak lanjut hasil pembelajaran dikatagorikan sudah baik, hanya saja dalam hal pelaksanaan pembelajaran yaitu pada penggunaan metode dan media belajar masih kurang efektif.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 May 2022 15:02
Last Modified: 28 May 2022 15:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14117

Actions (login required)

View Item View Item