Penerapan Manajemen Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di Madrasah Swasta Islam Kecamatan Tanah Jawa

Masti, Masti and Saleh, Syarbaini and Darmansyah, Tengku (2022) Penerapan Manajemen Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Di Madrasah Swasta Islam Kecamatan Tanah Jawa. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (1). ISSN 2775-2380

[img] Text
FADILAH 2 (MASTI).pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1)Untuk mengetahui Peran kepala sekolah di SMP Al-Hidayah Medan Tembung, (2) Untuk mengetahui kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Al-Hidayah Medan Tembung (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan di SMP Al-Hidayah Medan Tembung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang menggambarkan secara apa adanya mengenai kondisi atau fenomena yang ada di lapangan tanpa dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika pada objek tersebut. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu (1) penerapan manajemen pembelajaran project based learning pada Madrasah Aliyah Swasta Islam Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun (2) peranan yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah, guru, tenaga pendidik, orang tua peserta didik dan peserta didik dalam menunjang penerapan manajemen project based learning di Madrasah Aliyah Swasta Islam Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun (3) kendala dan solusi yang dapat dilakukan dalam melaksanakan manajemen project based learning di Madrasah Aliyah Swasta Islam Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa based learning direncanakan oleh guru berdasarkan analisis silabus dari pemerintah, diorganisasikan oleh yayasan, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan orang tua siswa sesuai peran masing-masing. Digerakkan oleh guru yang telah ditingkatkan kompetensinya melalui seminar, pelatihan, workshop, dan diskusi Bersama para pimpinan seperti ketua Yayasan, kepala sekolah.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 May 2022 14:42
Last Modified: 28 May 2022 14:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item