Manajemen Pendidikan Karakter (Studi Kasus SMP Swasta Islam Terpadu Hikmatul Fadhillah Medan Denai)

Sam, Rizka Ramadani (2022) Manajemen Pendidikan Karakter (Studi Kasus SMP Swasta Islam Terpadu Hikmatul Fadhillah Medan Denai). Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (1). ISSN 2775-2380

[img] Text
FADILLLAH (RIZKA RAMADANI SAM).pdf

Download (549kB)

Abstract

Disekolah pendidikan karakter merupakan upaya yang dilakukan untuk mendidik, membentuk dan membangun manusia menjadi pribadi yang lebih baik ( berahlakul Karimah) serta menerapkan nilai-nilai Agama. Untuk itu diperlukan suatu manajemen pendidikan karakter yang dapat meningkatkan mutu, proses, hasil serta mengeluarkan output yang berakhlakul karimah sesuai dengan kompetensi lulusan pendidikan dan visi misi sekolah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus tunggal holistik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Secara umum penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah SMP Swasta Islam Terpadu Hikmatul Fadhillah Medan Denai terkhusus pada proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasian telah dilakukan secara baik di Sekolah SMP Swasta Islam Terpadu Hikmatul Fadhillah. Proses perencanaan dilakukan diawal tahun dengan mengadakan rapat bersama antara tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Pengorganisasian dilakukan dengan pembagian tugas dan tanggung jawab yang dipikul masing-masing oleh warga sekolah yang pembagiannya dimulai dari kepala sekolah, pks, guru wali kelas, guru kelas dan staf lainnya. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan pengaplikasian melalui kegiatan seharihari, bulanan, dan tahunan serta memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam RPP dan Silabus. Kemudian yang terakhir adalah proses pengevaluasian dilakukan secara umum oleh pihak sekolah di akhir tahun dengan melakukan rapat bersama untuk mengecek kembali apakah program sudah berjalan dengan baik atau belum.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 May 2022 03:56
Last Modified: 27 May 2022 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item View Item