Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMK Taman Siswa Binjai

Rambe, Baharuddin Yusuf and Neliwati, Neliwati and Chaniago, Nasrul Syakur (2022) Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMK Taman Siswa Binjai. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 2 (1). ISSN 2775-2380

[img] Text
FADILLLAH (BAHARUDDIN YUSUF RAMBE).pdf

Download (288kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Perencanaan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas guru. (2) Pelaksanaan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas guru. (3) Evaluasi manajemen pembelajaran dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang telah didapat dilapangan. Adapun yang menjadi informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru-guru dan siswa-siswi. teknik pengumpulan data yang digunakan, dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran yang ada di SMK Taman Siswa sudah memenuhi indikator yang penulis gunakan, hal ini dikarenakan perencanaan pembelajaran berupa RPP, Silabus dan perangkat perencanaan pembelajaran yang lainnya sudah tersedia. (2) Dalam Pelaksanaan Pembelajaran pada kegiatan pendahuluan tenaga pendidik memberikan senam otak dan membahas pelajaran sebelumnya ketika memulai pembelajaran. Kegiatan inti untuk mata pelajaran sudah terlaksana dengan baik, hal ini di lihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti meyebutkan bahwa indikator yang penulis gunakan sudah dilaksanakan sehingga hal itu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi efektif dan efisien. Dalam kegiatan penutup tenaga pendidik memberikan rangkuman atau kesimpulan, umpan balik serta memberikan tugas yang sifatnya memberikan pengayaan dan pendalaman. (3) Dan untuk evaluasi/penilaian hasil pembelajaran, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator manajemen pembelajaran dari teori rusman maupun dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 May 2022 03:28
Last Modified: 27 May 2022 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

View Item View Item