Peran Orang Tua Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Smartphone Bagi Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di MIN 6 Asahan

Leli, Nur (2021) Peran Orang Tua Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Smartphone Bagi Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di MIN 6 Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NUR LELI - SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penyalahgunaan Smartphone dan peran orang tua dalam mencegah penyalahgunaan Smartphone yang terjadi pada siswa kelas V MIN dalam pembelajaran daring di MIN 6 Asahan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan beberapa siswa serta orang tua siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, bentuk penyalahgunaan Smartphone yang terjadi pada siswa kelas V dalam pembelajaran daring di MIN 6 Asahan adalah siswa mengakses aplikasi lain di luar tugas belajarnya seperti bermain games online (mobile lagend dan free fire), menonton video di Youtube yang tidak sesuai dengan materi pembelajaran serta mengakses aplikasi tik-tok saat pembelajaran. Kedua, peran yang dapat dilakukan orang tua terhadap pencegahan penyalahgunaan Smartphone diantaranya memiliki pengetahuan yang luas, memberikan peringatan dan batasan penggunaan Smartphone pada anak, memantau dan memberikan pendampingan, memberikan motivasi dan membantu anak dalam menyelesaikan tugas belajar, melibatkan anak pada aktivitas rumah serta menyediakan media dan sumber belajar lain guna mendukung keberhasilan belajar anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Pencegahan, Penyalahgunaan, Smartphone
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Apr 2022 05:11
Last Modified: 25 Apr 2022 05:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14063

Actions (login required)

View Item View Item