Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal Serta Pengaruhnya Terhadap Brand Holistic

Hasibuan, Sri Wahyuni and Nasution, M. Yasir and Siregar, Saparuddin (2019) Kesadaran Konsumen Menggunakan Kosmetik Halal Serta Pengaruhnya Terhadap Brand Holistic. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 5 (2). pp. 216-231. ISSN 2549–9270

[img] Text
23. a. Kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal.pdf

Download (543kB)
[img] Text
23. b. kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hasil review Sejawat Prof. Erlina_23.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Hasil Review Sejawat Prof. Sirojuzilam_23.pdf

Download (325kB)

Abstract

Indonesia sebagai pemasok kosmetik halal kalah dengan negara penyedia kosmetik halal lainnya. Hal ini disebabkan terjadinya disintegrasi antara aspek fungsional, emosional, dan spiritual pada kosmetik, yang dapat mengakibatkan rendahnya kesadaran konsumen.. Penelitian ini termasuk explanatory research dengan menggunakan penedekatan SEM berbasis variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal disebabkan karena pengetahuan, keyakinan, pengalaman, dan informasi tentang kosmetik tersebut. Kesadaran konsumen menggunakan kosmetik halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand holistic. Kesadaran ini disebabkan terintegrasinya unsur-unsur brand holistic pada kosmetik tersebut, yaitu (1) tidak bertentangan dengan prinsip kepercayaan; (2) indah dan sehat; (3) menggunakan bahan-bahan alami; (4) peduli lingkungan dan menolak eksploitasi; (5) bebas dari lemak hewani; (6) proses pembuatan yang bersih; (7) pengawasan yang ketat terhadap sertifikasi label/logo; (8) tidak menyebabkan ketergantungan; (9) memberikan ketenangan akal pikiran, jiwa dan raga; (10) pemaparan yang sesuai dengan kenyataan; (11) dan dapat digunakan berbagai latar belakang manusia. Maka disarankan bagi perusahaan kosmetik agar dapat memperkokoh brandnya dan dapat bersaing pada pasar global, sangat penting mengintegrasikan semua unsur ini pada mereknya.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Apr 2022 22:08
Last Modified: 19 Apr 2022 22:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item View Item