Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan

Lubis, Maisaroh (2021) Peran Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAISAROH LUBIS.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan. (2) Strategi yang digunakan Kepala Madrasah dalam membudayakan pembacaan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan. (3) Faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Informan dari penelitian ini yaitu, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru, staf tata usahadan siswa. kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam keabsahan data peneliti mengunakan kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Ihya Ullumuddin Labuhan Batu Selatan sudah jauah lebih baik dibandingkan sebelumnya masih ada diantara mereka yang belum paham dengan hukum bacaannya. Sekarang juga siswa lebih sering membaca al-Qur’an baik disekolah maupun di rumah (2) Strategi yang digunakan Kepala Madrasah dalam membudayakan pembacaan al-Qur’an adalah dengan : Menciptakan suasana yang menyenangkan serta ramah terhadap siswa, agar dapat menumbuhkan jiwa semangat dalam belajar; Menunjukkan pikiran dan perasaan peduli dan menghargai sesama; Menumbuhkan rasa ingin tahu serta cinta akan pengetahuan; Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi terhadap sesama dan lingkungannya; dan Memberikan peran aktif oleh seluruh warga sekolah dan lingkungan eksternal sekolah (3) Faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam mengembangkan budaya membaca al- Qur’an Faktor penghambat : Kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya belajar membaca al-Qur’an, Alokasi waktu yang kurang dan Keadaan lingkungan keluarga. Faktor pendukung nya adalah : Tersedianya sarana prasarana, Adanya minat dari siswa dan Adanya media pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrsah, Budaya Membaca Al-Qur`an
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 29 Mar 2022 04:49
Last Modified: 29 Mar 2022 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14004

Actions (login required)

View Item View Item