Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTs Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong

Rahmah, Siti (2021) Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di MTs Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI RAHMAH mpi3.pdf - Submitted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) kompetensi pedagogik guru di Mts Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong. (2) Program yang direncanakan kepala madrasah untuk pengembangan kompetensi guru Mts Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong. (3) Pendekatan supervisi yang dilakukan kepala madrasah terhadap upaya pengembangan kompetensi pedagogik guru di Mts Swasta Al- Hasanah Tanjung Leidong. (3) Faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah sebagai supervisor dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di MTS Swasta Al-Hasanah Tanjung Leidong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Informan dari penelitian ini yaitu, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru bidang studi. kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam keabsahan data peneliti mengunakan kredibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini mengungkapkan empat temuan yaitu (1) Kompetensi pedagogik guru dalam memberikan pengajaran di sekolah rata-rata guru mampu menguasai kompetensi itu apalagi guru yang masih muda sehingga mereka bukan hanya menggunakan metode ceramah tetapi juga melakukan pendekatan dan diskusi kepada siswanya. (2) Program yang di rencanakan kepala madrasah adalah a.program terencana. b.pelaksanaan supervisi dilakukan secara berkesinambungan dan c.pelaksanaan program supervisi mendadak. (3) Adapun pendekatan supervisi yang digunakan ialah: a. Pendekatan langsung (Directif Approach) b. Pendekatan tidak langsung (Non directif Approach) c. Pendekatan kolaborasi (Colaborative Approach). (4). Faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru di MTs Swasta Al- Hasanah Tanjung Leidong adalah guru memberi keluasan bagi kepala madrasah dalam memantau kedalam ruangan dalam rangka melakukan supervisi, dan faktor penghambatnya ialah keterbatasan waktu yang tidak full seperti sebelum pandemi yang menyebabkan kepala madrasah harus perpacu dengan waktu dalam melaksanakan supervisi hal itu menyebabkan kurang optimalnya kepala madrasah dalam mesupervisi. Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwa peran kepala madrasah sebagai suvervisor dalam pegembangan kompetensi pedagogik guru sudah di terapkan dan dilaksanakan dengan baik dan rata-rata guru-guru di MTs Swasta Al- Hasanah Tanjung Leidong sudah mampu menguasai kompetensi pedagogik guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:46
Last Modified: 29 Mar 2022 02:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item View Item