Upaya Kepala Madrasah Dalam Memberdayakan Pegawai Tata Usaha Di SMA Krakatau Medan

Siregar, Harlinda Zulkaidah (2021) Upaya Kepala Madrasah Dalam Memberdayakan Pegawai Tata Usaha Di SMA Krakatau Medan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 1 (2). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
ISLAMI 2 (Harlinda Zulkaidah Siregarr).pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Upaya Kepala madrasah dalam Pemberdayaan Pegawai tata usaha di SMA KRAKATAU MEDAN”. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya kepala madrasah dalam pemberdayaan pegawai tata usaha di MAN 3 Medan? Dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam pemberdayaantenaga tata usaha di SMA KRAKATAU MEDAN? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam pemberdayaan tenaga tata usaha di SMA KRAKATAU MEDAN dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam pemberdayaan pegawaitata usaha? Data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif yang memuat informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan kepala sekolah dalampemberdayaan pegawai tatau usaha di SMA KRAKATAU MEDAN. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, data primer terdiri dari kepala sekolah, pegawai tata usaha, sedangkan data sekunder adalah sejumlah data pendukung berupa dokumentasi, arsip dan pustaka-pustaka yang menjadi pokok bahasan. penelitian dibahas. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka disimpulkan bahwa upaya kepala madrasah dalam memberdayakan tenaga tata usaha yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, pertama kepala madrasah telah berdaya cukup baik dan berkaitan dengan visi sekolah. Kedua, kepala madrasah melakukan pemberdayaan yang diarahkan pada penggunaan contoh, ketiga, menjalin komunikasi yang baik dengan staf tata usaha, keempat, kepala madrasah meninjau struktur organisasi sekolah sehingga staf dapat mengetahui posisi dan tugasnya, kelima, kepala madrasah memperkuat tim / kelompok kerja dengan cara cara berkomunikasi yang baik,mengadakan rapat bersama, melibatkan staf tata usaha untuk mengikuti pelatihan, keenam, kepala sekolah mendorong pengembangan pribadi staf tata usaha, ketujuh, kepala sekolah menjadikan pelayanan sebagai fokus sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk mendaftarkan anaknya dan dapat meningkatkan jumlah siswa di SMA KRAKATAU MEDAN, dan akhirnya kepala sekolah melakukan evaluasi. Faktor pendukung dalam pemberdayaan tenaga tata usaha adalah: Pertama, adanya kepercayaan antara atasan danbawahan Kedua, saling menghargai dan saling pengertian atas pendapat yang dikemukakan Ketiga, percaya bahwa pemberdayaan akan membawa manfaat bagi sekolah yang dipimpinnya. Sedangkan faktor penghambat dalam pemberdayaan adalah: jumlah tenaga administrasi yang masih sedikit, tingkat pendidikan tenaga pegawai tata usaha yang tidak sesuai dengan jurusan administari, dan kurangnya dana untuk melaksanakan pemberdayaan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:58
Last Modified: 16 Mar 2022 04:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item