Implementasi Muhadharah Dalam Melatih Public Speaking Santri Di Pesantren Modern Hadharatul Islamiyah Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai

Qonitah, Mutiah (2021) Implementasi Muhadharah Dalam Melatih Public Speaking Santri Di Pesantren Modern Hadharatul Islamiyah Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mutiah Qonitah 1-dikonversi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan muhadharah, mengetahui public speaking santri dan factor pendukung dan penghambat implementasi muhadharah dalam melatih public speaking santri di Pesantren Modern Hadharatul Islamiyah Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi muhadharah dalam melatih public speaking santri di Pesantren Modern Hadharatul Islamiyah Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai. Subjek dari penelitian ini adalah 1) Pimpinan Pesantren, 2) Kepala Sekolah Mts, 3) Pembimbing Muhadharah 4) Santri Putri 5).Alumni Santri Putra yang Sedang Pengabdian 6) Alumni santri yang menjadi Guru di Pesantren Hadharatul Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa (1) Kegiatan muhadharah yang dilakukan di Pesantren Modern Hadharatul Islamiyah Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai tidak hanya berpidato, namun menggunakan tata tertib acara dengan adanya MC, Pembacaan Al-Qur’an, pengambilan inti materi oleh perwakilan santri dari audien dan adanya hiburan. (2) Kegiatan ini dapat melatih public speaking santri hal inidapatdilihat dari kemampuan santri berbicara di depan umum yang dilakukandimasyarakat maupun di tingkat sekolah untuk kelas tinggi. (3) Adapun faktor yang menjadi pendukung Implementasi Muhadharah dalam Melatih Public Speaking Santri di Pesantren Modern Hadharatul Islamiyah.: 1). Adanya Peraturan. 2). Berhasilnya Pembelajaran di Kelas. Faktor yang menjadi penghambat: 1). Kurangnya Motivasi Ekstrinsik. 2). Sarana yang Kurang Mendukung. 3). Kemampuan Berbahasa yang Berbeda.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Muhadharah, Melatih Public Speaking Santri
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Mar 2022 04:28
Last Modified: 15 Mar 2022 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item