Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal materi segiempat dan segitiga di Kelas VII MTs. Swasta Al-Hikmah Marihat Bandar T.A. 2017/2018

Sati, Dwi Laras (2018) Analisis kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal materi segiempat dan segitiga di Kelas VII MTs. Swasta Al-Hikmah Marihat Bandar T.A. 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI LARAS SATI NIM. 35143109.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal materi Segiempat dan segitiga kelas VII MTs S Al-Hikmah Marihat Bandar, 2) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal materi Segiempat dan segitiga kelas VII MTs Sw Al-Hikmah Marihat Bandar, dan 3) upaya yang dilakukan guru mengenai kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal materi Segiempat dan segitiga kelas VII MTs S Al-Hikmah Marihat Bandar.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 31 siswa kelas VII-A MTs S Al-Hikmah Marihat Bandar T.A 2017/2018. Responden wawancara adalah 6 orang yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan dan salah satu guru matematika MTs S Al-Hikmah Marihat Bandar. Metode dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa kelas VII-A menyelesaikan soal segiempat dan segitiga kategori sangat tinggi ditunjukkan dari kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal segiempat dan segitiga meliputi 1) kesulitan dalam pemahaman bahasa, 2) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, 3) Kesulitan dalam menghitung. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika materi segiempat dan segitiga pada kelas VII A MTs Al-Hikmah Marihat Bandar adalah 1) kemampuan intelektualnya, 2) cara belajar, 3) motivasi belajar, 4) kemampuan mengingat, 5) kemampuan penginderaan yang terganggu. Upaya yang dilakukan guru mengenai kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal segiempat dan segitiga yaitu 1) Melakukan kegiatan remedi bagi siswa yang belum mencapai KKM, 2) Memberikan banyak latihan kepada siswa dalam mengerjakan soal segiempat dan segitiga, 3) Penggunaan tutor sebaya dalam pembelajarannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan Belajar, Segiempat dan Segitiga
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 27 Apr 2022 05:06
Last Modified: 27 Apr 2022 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item