Hasanah, Nurul (2018) Penerapan etika bisnis Islam pada pedagang souvenir di Pusat Pasar Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
BURNING.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan penerapan etika bisnis Islam dalam hal shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh yang dicontohkan oleh Rasulullah pada pedagang souvenir di Pusat Pasar Medan. Adapun metode pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan wawancara sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pedagang souvenir yang ada di Pusat Pasar Medan telah memahami etika bisnis Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam berdagang. Terlihat dari jawaban pedagang souvenir atas wawancara dari 4 pertanyaan yang penulis haturkan, masing�masing pertanyaan dijawab rata-rata 94,44% mereka sudah paham. Mayoritas pedagang souvenir di Pusat Pasar Medan juga sudah menerapkan etika bisnis Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam berdagang. Terlihat dari jawaban pedagang souvenir atas wawancara dan dari pertanyaan yang peneliti haturkan, masing-masing pertanyaan dijawab rata-rata amanah 94,44%, fathanah 94,44% dan tabligh 100% mereka sudah menerapkan etika bisnis Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah dalam berdagang kecuali sikap shiddiq 55,55%. Hal ini disebabkan oleh minimnya pengerajin serta keadaan-keadaan di luar kemampuan pedagang
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekonomi Islam, Etika Bisnis, Pedagang Souvenir |
Subjects: | 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 08:24 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 08:24 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13940 |
Actions (login required)
View Item |