Hukum charge terhadap konsumen yang membawa makanan dan minuman dari luar restoran dalam perspektif Ibn Hazm dan UU NoO. 8 Tahun 1999 (Studi Kasus di Kota Pematang Siantar)

Fadhillah, Rizka (2019) Hukum charge terhadap konsumen yang membawa makanan dan minuman dari luar restoran dalam perspektif Ibn Hazm dan UU NoO. 8 Tahun 1999 (Studi Kasus di Kota Pematang Siantar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKA FADHILLAH.pdf

Download (807kB) | Preview

Abstract

Charge terhadap konsumen yang membawa makanan adalah salah satu cara untuk menjaga keselamatan konsumen lainnya. Permasalahan pada skripsi ini, penulis menemukan fakta dilapangan tentang salah satu restoran yang mewajibkan pelanggannya untuk membayarkan charge sebesar 10% jika pelanggan terebut membawa makanan ataupun minuman kedalam restoran tersebut. Namun pihak restoran tidak ada memberikan informasi terlebih dahulu kepada pelanggan mengenai pembelakuan charge itu. Skripsi ini membahas mengenai bagaimana perspektif Ibnu Hazm tentang penetapan denda terhadap konsumen, serta dalil sebagai hujjah yang digunakan Ibn Hazm dan bagaimana pandangan UU NO. 8 tahun 1999 terhadap charge yang ditetapkan oleh pihak restoran terkait penambahan kode dibelakang harga. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris, yaitu hukum dilihat sebagai norma atau das sollen, karena dalam pembahasan permasalahan penelitian ini menggunakan bahan-bahan hukum (baik hukum yang tertulis maupun yang hukum yang tidak tertulis atau baik hukum bahan primer maupun bahan sekunder). Pada penelitian ini penulis juga menggunakan langkah-langkah penelitian yang dapat menjadikan penelitian lebih sistematis, akurat dan mempunyai analisis yang baik terhadap kajian ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa penetapan charge yang diberlakukan oleh pihak restoran di Pematangsiantar terhadap konsumen yang membawa makanan dan minuman adalah haram sesuai dengan pendapat Ibn Hazm yang melarang mengutip denda atas barang-barang yang dibawa karena termasuk perbuatan zhalim hukumnya adalah haram. Dan melanggar UU No. 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan konsumen

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 04 Mar 2022 08:07
Last Modified: 04 Mar 2022 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13896

Actions (login required)

View Item View Item