Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif learning tipe numbered heads together di SMP. Swasta Nahdlatul Ulama Medan

Nurjannah, Siti (2018) Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif learning tipe numbered heads together di SMP. Swasta Nahdlatul Ulama Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
disatukan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kemampuan kreatif matematika siswa yang diajar dengan model kooperatif learning tipe Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP. Swasta Nahdlatul Ulama Medan berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model kooperatif learning tipe Numbered Heads Together materi pokok persegi panjang dan persegi; 2) Kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran koopertif learing tipe Numbered Heads Together materi pokok persegi panjang dan persegi; 3) Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model kontekstual lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran koopertif learing tipe Numbered Heads Together materi pokok persegi panjang dan persegi; 4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara mpdel pembelajaran terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif matematika lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran kontektual daripada pembelajaran koopertif learing tipe Numbered Heads Together pada siswa kelas VII SMP. Swasta Nahdlatul Ulama Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika, Model Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 02 Mar 2022 05:35
Last Modified: 02 Mar 2022 05:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item