Fatimah, Fatimah (2018) Pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan interpersonal dan interpersonal anak usia dini di Raudhatul Athfal Al-Hafih Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
FATIMAH NIM 91212031235.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal sejak usia dini bermanfaat untuk dapat menyelesaikan berbagai masalah dalam berbagai aspek kehidupan. Kenyataan yang ditemukan di RA Al-Hafizh bahwa guru belum sepenuhnya mengembangkan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal anak. Hal ini terlihat karena ada anak yang belum berani mengemukakan pendapat, belum mendengarkan dengan baik ketika temannya berbicara, kurang aktif bergaul, suka bertengkar, tidak merapikan mainan sesuai tempatnya, bahkan ada yang tidak tuntas mengerjakan lembar kerja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal anak usia dini di RA Al-Hafizh. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan interpersonal?; (2) Apakah terdapat pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan intrapersonal?; (3) Berapa besar pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan interpersonal?; (4) Berapa besar pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan intrapersonal? Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak usia dini kelompok B di Raudhatul Athfal (RA) Al-Hafizh yang berjumlah 50 anak. Sampel pada penelitian ini, yaitu: 26 anak kelas A dan 24 anak kelas B. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kecerdasan Interpersonal dan Intrapersonal. Analisis data yang digunakan adalah uji independent samples t-test (uji-t) dua arah dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Interpersonal anak usia dini di RA Al-Hafizh; (2) terdapat pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Intrapersonal anak usia dini di RA Al-Hafizh; (3) besarnya persentase pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Interpersonal siswa sekitar 55,7% sampai dengan 57,5%, sedangkan sisanya yaitu sekitar 42,5% sampai dengan 44,3% dipengaruhi oleh faktor lain selain media audio visual; dan (4) besarnya persentase pengaruh media audio visual terhadap kecerdasan Intrapersonal siswa sekitar 38,1% sampai dengan 40,6%, sedangkan sisanya yaitu sekitar 59,4% sampai dengan 61,9% dipengaruhi oleh faktor lain selain media audio visual.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan Interpersonal, kecerdasan Intrapersonal, media audio visual |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 08:16 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 08:16 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13874 |
Actions (login required)
View Item |