Isolasi dan Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus Pada Air Gambut di Kawasan Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu

Nisa, Khairatun (2021) Isolasi dan Identifikasi Bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus Pada Air Gambut di Kawasan Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIRATUNNISA NIM 0704162040 SAINS DAN TEKTOLOGI JURUSAN BIOLOGI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Air gambut merupakan air permukaan yang terdapat di daerah gambut yang tersebar di dataran rendah, karakteristik air gambut mempunyai intensitas warna yang tinggi berwarna merah kecoklatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pemanfaatan air gambut di Desa Sei Tawar Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu berdasarkan keberadaan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Penelitian ini dilakukan di UPT. Laboratorium kesehatan daerah Kota Medan pada bulan febuari-maret 2021. Sampel di ambil dengan cara composite, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 5 sampel yaitu dengan kode sample S1, S2, S3, S4 dan S5 berupa air gambut yang dilakukan dengan isolasi dan identifikasi bakteri Escherichia coli dengan uji pendugaan, uji konfirmasi (peneguhan), isolasi- identifikasi dan uji IMViC yaitu uji produksi indole, uji Voges-Proskauer(VP), uji Methyl Red (MR), uji citrate, sedangkan untuk Staphylococcus aureus dilakukan dengan dengan penanaman sampel pada media, uji identifikasi yaitu pengecetan gram, uji koagulase dan dianalisi dengan secara deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pada kelima sampel air gambut positif mengandung bakteri Escherichia coli dan bakteri Staphylococcus aureus. Kesimpulan penelitian ini adalah air gambut yang di gunakan kualitasnya kurang baik dan tidak memenuhi standar baku mutu kesehatan untuk media air yang telah ditetapkan dalam MENKES No 32 tahun 2017 untuk bakteri Escherichia coli 0 CFU/ 100 mL air dan bakteri Staphylococcus aureus <100 CFU/ 100 mL air.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Air gambut, Escherichia coli, Staphylococcus aureus.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:07
Last Modified: 01 Mar 2022 07:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13858

Actions (login required)

View Item View Item