Zam‟arini, Anita (2021) Konsep Pemerintahan Dalam Perspektif Pemikiran Politik Jamaluddin Al-Afghani. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jamalaludin Al-Afghani merupakan tokoh pembaharuan dalam Islam abad kesembilan belas. Untuk memperkuat posisi umat Islam secara politis, AlAfghani mengembangkan konsep pendidikan secara totalitas supaya warga tidak diperlakukan secara diskriminatif, maka konsep pendidikan yang dikembangkan adalah gerakan salafiyah yang pernah diajarkan oleh generasi terdahulu. Pan Islamisme yang digagas bertujuan untuk memberi rasa keadilan kepada warga supaya ikatan solidaritas dapat tercapai sehingga eksistensi dan dan kemandirian suatu Negara dihormati dan dihargai oleh Negara lain. Al-Afghani sangat mencela konsepsi Negara yang berprinsip otokhratis dan berpaham bahwa raja mempuanyai kekuasaan penuh dalam pemerintahan. Pemimpin harus mengambil keputusan secara musyawarah dengan melibatkan masyarakat dalam keputusan itu supaya kebebasan mengeluarkan pendapat dan kewajiban kepala Negara untuk tunduk terhadap Undang Undang dapat terlaksana. Naturalisme dan materialisme beragama bagi Al-Afghani tidak lebih hanya sekedar asumsi sehingga dapat mengarahkan umat Islam untuk berpikir kebendaan. Maka semangat dalam menjalankan ajaran Islam harus berpedoman kepada Al-Qur‟an dan sunnah Rasul sehingga peluang untuk melakukan ijtihad tidak diwarnai dengan saling menyalahkan antara satu pedapat dengan pendapat yang lain. Metode penelitian yang bersifat kualitatif, yang mana peneliti menganalisis dari setiap fenomena sosial. Tujuan dari penelitian ini melainkan untuk mengetahui bagaimana konsep pemerintahan yang pantas dan yang baik dilakukan untuk masyarakat muslim.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.2 Politik |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 08:26 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 08:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13838 |
Actions (login required)
View Item |