Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Latong Kabupaten Latong Kabupaten Padang Lawas

Hasibuan, Dama Yastri Anggairana (2021) Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Latong Kabupaten Latong Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SSKRIPSI DAMA YASTRI ANGGAIRANA HASIBUAN.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pasien masih menjadi isu penting sehubungan dengan fokus pelanggan layanan kesehatan sebagai indikator peningkatan mutu layanan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan kesehatan perlu diperhatikan agar memunculkan dampak positif terhadap persepsi dan pengalaman pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dimensi kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesmas Latong Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study dengan jumlah sampel sebanyak 61 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis secara univariat dan bivariat (chi square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan tergolong kategori cukup dan kepuasan pasien berada pada level puas. Sementara hasil uji bivariat membuktikkan signifikansi (p <α=0.05) setiap dimensi kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien, masing-masing dimensi tangible =0.007,dimensi reliability = 0,004, dimensi responsiveness = 0,002, dimensi assurance = 0,004, dimensi empathy = 0,000. Puskesmas Latong disarankan agar lebih memperhatikan dimensi tangible dengan menambah jumlah tempat duduk di ruang tunggu pendaftaran dan administrasi serta pihak tenaga kesehatan agar meningkatkan dimensi empathy dengan lebih bersifat ramah dan sopan kepada pasien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan Kesehatan, Kepuasan pasien
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:54
Last Modified: 22 Feb 2022 07:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item