Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Keterbatasan Media Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Pesantren Darel Hasan Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara

Siregar, Nur Ajijah (2021) Kreativitas Guru Dalam Mengatasi Keterbatasan Media Pembelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19 Di MTs Pesantren Darel Hasan Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIFSI_NUR AZIZAH SIREGAR_NIM.0301173520.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kreativitas guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19 di MTs Pesantren Darel Hasan (2) Media pembelajaran PAI di masa pandemic Covid-19 di MTs Pesantren Darel Hasan (3) Hambatan dan solusi dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran PAI di masa pandemic Covid-19 di MTs Pesantren Darel Hasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode fenomenologis, dan Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data,penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan datanya menggunakan (1) Uji kreadibilitas yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan dan triangulasi. (2) Uji Transferability, (3) Uji Dependability, (4). Uji Kompirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kreativitas guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran PAI, guru membuat video pembelajaran yang menarik dan mengupload ke media You Tobe dan pandai memadakan media yang ada. (2). Media pembelajaran yang digunakan selama pandemi Covid-19 yaitu media yang secara umumnya. Seperti: media buku, papan tulis, spidol, infokus, spiker, karton. Sedangkan pembelajaran yang berlangsung secara daring menggunakan media yang berasal dari IT yaitu media Hanphon, yag memuat didalamnya media WatsAPP, Zoom, You Tobe, Classrome. (3). Hambatan guru dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran PAI adalah kurangnya kemahiran guru dalam menggunakan media, kurangnya kerja sama guru, kurangnya kemahiran orang tua dalam menggunakan Hanphon, dan ketidak stabilan jaringan.dan solusi yang digunakan adalah mencari jaringan, mendatangi rumah peserta didik yang bisa dijangkau dan meningkatkan kerja sama antar guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:41
Last Modified: 22 Feb 2022 06:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13832

Actions (login required)

View Item View Item