Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Gerakan Sholat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Audio Visual Di RA Nurhayati Tahun Ajaran 2020/2021

Khodijah, Fitri (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Gerakan Sholat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Audio Visual Di RA Nurhayati Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi fitri khodijah PIAUD I.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kemampuan praktik gerakan sholat anak usia 5-6 tahun sebelum menggunakan media audio visual, (2) Kemampuan praktik gerakan sholat anak usia 5-6 tahun sesudah menggunakan media audio visual, (3) Penggunaan media audio visual dalam praktik gerakan sholat anak usia 5-6 tahun, (4) Peningkatan kemampuan praktik gerakan sholat anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) ini menggunakan tahapan berupa siklus yaitu siklus I dan siklus II , tiap siklus ada perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini seluruh anak usia 5-6 tahun sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan media ausio visual dalam meningkatkan kemampuan praktik gerakan sholat anak di RA Nurhayati yang berjumlah 15 orang anak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Dalam pra tindakan diketahui bahwa persentase kemampuan praktik gerakan sholat anak sebesar 40%. (2) Setelah digunakan media pembelajaran audio visual pada siklus I sebesar 60%, Sedangkan pada siklus II persentase kemampuan praktik gerakan sholat anak sebesar 86.67%. (3) Penggunaan media audio visual dalam praktik gerakan sholat Pada siklus I adalah sebelum anak memulai praktik tiap pertemuan, video yang sudah disediakan di tayangkan dan anak memperhatikannya sampai gerakan yang sudah ditentukan tiap pertemuan, pada akhir pertemuan III anak-anak mengulang mulai dari gerakan sholat berdiri sampai dengan salam. Pada siklus II dilakukan sama halnya dengan siklus I, perbedaannya hanya pada video dimana pada video siklus II lebih dijelaskan tiap gerakan sholat, sedangkan di video siklus I yang lebih di perjelas gambar tiap gerakan. (4) peningkatan kemampuan praktik gerakan sholat anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual terjadi pada siklus I dan siklus II. keberhasilan gerakan sholat anak meningkat dari hanya sebesar 40% pada pra tindakan menjadi 60% di siklus I, menjadi 86.67% di siklus II

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:37
Last Modified: 22 Feb 2022 06:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13831

Actions (login required)

View Item View Item