Analisis Tingkat Efisiensi Pengelolaan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) Melalui Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). (Studi Kasus Pada BAZNAS Provinsi Sumatera Utara Priode 2016-2019)

Saragih, Lailan Usniyah (2021) Analisis Tingkat Efisiensi Pengelolaan Dana Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) Melalui Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). (Studi Kasus Pada BAZNAS Provinsi Sumatera Utara Priode 2016-2019). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Lailan Usniyah Saragih_Skripsi Finish.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Efisiensi merupakan faktor yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan ataupun organisasi, baik secara makro ataupun mikro dan hanya berfokus pada Badan Amil Zakat Nasional (BASNAZ) Provinsi Sumatera Utara dan penelitian ini hanya dilakukan mulai bulan Desember 2020 sampai dengan bulan Juli 2021. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi BAZNAS Provinsi Sumatera Utara agar BAZNAS dapat mengevaluasi, meminimalisir kesalahan dan menentukan kebijakanyang akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja BAZNAS dilihat dari variabel input dan output. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan laporan keuangan BAZNAS yang diperoleh dari website resmi sumut.baznas.go.id priode pengamatan 2016-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode pendekatan Rasio dan nonparametik yaitu Data Envelopement Analysis (DEA) dengan pendekatan intermediasi. Hasil penelitian ini secara keseluruhan telah mencapai tingkat efisiensi 100% yaitu pada priode 2016-2019 melalui metode DEA dengan pendekatan intermediasi. Sedangkan pada pendekatan rasio nilai tingkat efisiensi jauh dari kata efisien

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:23
Last Modified: 22 Feb 2022 06:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item View Item