Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati Sebagai Objek Wisata Dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Sekitar Lokasi Wisata (Studi Kasus : Wisata Sawah Pematang Johar Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara)

Siregar, Dian Minasari (2021) Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati Sebagai Objek Wisata Dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Sekitar Lokasi Wisata (Studi Kasus : Wisata Sawah Pematang Johar Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dian Minasari Siregar_EKI0501172158_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan kepariwisataan merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai kepentingan (multi sektoral) dan erat hubungannya dengan perkembangan ekonomi global. Selain itu kepariwisataan merupakan kegiatan yang mengandalkan pemanfaatan potensi sumber daya alam binaan yang ada pada masing masing obyek dan daya tarik wisata dengan tetap berpedoman pada keseimbangan dan pelestarian (tanpa merusak potensi alam yang dimiliki). Pada tulisan ini mengenai pemanfataan SDA hayati yang dijadikan sebagai objek wisata dan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi wisata pematang johar. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi daya dukung fisik serta potensi wisata sawah dalam menunjang kegiatan pariwisata dan mengetahui apakah pembangunan fasilitas wisata sawah mampu memberi kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi wisata .Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan jika yang menjadi daya dukung fisik serta potensi wisata sawah dalam menunjang kegiatan pariwisata adalah pada sumber daya manusia yang berperan penting didalam mengelola desa wisata, sarana dan prasarana yang memadai seperti sarana ibadah dan toilet umum serta prasarana menuju tempat lokasi juga cukup baik dengan akses jalan yang baik. Serta adanya promosi yang baik. Pembangunan fasilitas wisata sawah mampu memberi kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi wisata, yaitu terlihat dari banyaknya lapangan pekerjaan serta menjadikan berkurangnya pengangguran di desa wisata Pematang Johar itu sendiri, yang terbukti dari meningkatnya perekonomian atas pendapatan masyarakat sekitar lokasi serta nilai sosial budaya yang terus berkembang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:19
Last Modified: 22 Feb 2022 06:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13829

Actions (login required)

View Item View Item