Analisis Peranan Audit Operasional Dalam Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Operasional Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bank BTN Syariah Cabang Medan)

Madani, Aula Khirum (2021) Analisis Peranan Audit Operasional Dalam Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Operasional Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Bank BTN Syariah Cabang Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AULAA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan audit operasional untuk meningkatkan efektivitas kegiatan operasional perbankan syariah di BTN Syariah KC Medan. Kegiatan operasional yang dimaksudkan penelitian ini adalah kegiatan pendanannya dari setiap unit di BTN Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu dengan menjelaskan dengan rinci bagaimana penerapan audit operasional yang dilakukan Bank BTN Syariah, dan penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi dengan datang langsung ke BTN Syariah dan mewawancarai narasumber yang ada. Hasil pada penelitian ini menunjukan Pelaksanaan audit operasional pendanaan yang dilakukan Bank BTN Syariah KC Medan terdiri dari lima tahap yaitu, Tahap persiapan audit, Tahap penyusunan program audit, Tahap pelaksanaan penugasan audit, Tahap pelaporan audit, dan Tahap tindak lanjut. Selanjutnya, ditemukannya temuan audit dari kurun waktu 3 tahun terakhir, mulai dari tahun 2018,2019 dan 2020. Dalam temuan audit tersebut terdapat beberapa masalah yang ada, tetapi pihak BTN Syariah dengan cepat mengambil tindakan untuk memperbaiki masalahnya. Di BTN Syariah, audit operasional sudah cukup efektif dalam kegiatan operasional. Dalam hal ini audit internal operasional selalu berupaya untuk meningkatkan efektivitas kegiatan operasional pendanaan agar kualitas pendanaan di tahun-tahun selanjutnya semakin baik. Ini terlihat dari pemeriksaan kegiatan operasional pendanaan yang dilakukan dengan memperhatikan potensi risiko berdasarkan hasil temuan audit. Bank BTN Syariah mempunyai standart menentukan Efektivitas Audit Operasional nya, berasarkan hasil wawancara persentase efektivitas audit operasional tahun 2020 yaitu 70% dan membuktikan bahwa audit operasional dalam fungsi efektivitas kegiatan operasional BTN Syariah sudah efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2022 05:56
Last Modified: 22 Feb 2022 05:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13827

Actions (login required)

View Item View Item