Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Terhadap Pengeluaran Kas (Studi Kasus Pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara)

Sulaiman, Laksamana Aru (2021) Evaluasi Sistem Pengendalian Internal Terhadap Pengeluaran Kas (Studi Kasus Pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - LAKSAMANA ARU SULAIMAN (0502172353) - FIXED.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kas merupakan bagian yang penting dalam pelaksanaan kegiatan operasional. Masalah pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara adalah sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas belum berjalan dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, mengetahui hasil evaluasi, dan mengetahui kendala-kendala evaluasi sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode komparatif (perbandingan) antara teori unsur-unsur pengendalian internal terhadap pengeluaran kas dengan pelaksanaan yang sebenarnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara masih belum berjalan dengan baik dan belum sesuai dengan unsur-unsur teori sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas, yaitu ada fungsi-fungsi, prosedur-prosedur, dokumen-dokumen terkait yang sudah sesuai dengan teori dalam sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas, dan hanya menggunakan laporan arus kas. Juga terdapat kendala-kendala seperti tidak adanya pemeriksaan secara mendadak terhadap fungsi kas, dan badan pengawas yang belum menggunakan pihak independen. Implikasi penelitian ini terhadap KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara adalah agar pelaksanaan sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas bisa berjalan lebih baik dan maksimal, sehingga tujuan awal koperasi bisa tercapai

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Sistem Pengendalian Internal, Pengeluaran Kas
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Feb 2022 05:23
Last Modified: 22 Feb 2022 05:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

View Item View Item