Strategi Pembinaan Calon Pengantin Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Kantor Urusan Agama Muarasipongi Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal

Roslina, Roslina (2021) Strategi Pembinaan Calon Pengantin Dalam Mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Kantor Urusan Agama Muarasipongi Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Roslina Nasution.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembinaan calon pengantin yang dilaksanakan di Kantor Urusan Agama Muarasipongi Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal dan supaya mengetahui faktor penghambat dan solusi dari pelaksanaan pembinaan calon pengantin dalam mewujudkan keluarga Sakinah mawaddah warahah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Jl. Perintis Kemerdekaan No. 163 A Kelurahan Pasar Muarasipongi Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembinaan calon pengantin yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Muarasipongi Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal sudah efektif. Proses pelayanan yang sangat baik dari proses pendaftaran, penyampaian materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh peserta pembinaan sampai proses pernikahan. Hasil dari kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Strategi pembinaan calon pengantin yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Muarasipongi Kecamatan Muarasipongi Kabupaten Mandailing Natal perlu dikembangkan lagi baik dari segi materi dan metode penyampaian sehingga meningkatkan minat calon pengantin untuk melaksanakan pembinaan, sehingga para calon pengantin memiliki bekal ataupun persiapan-persiapan yang lebih matang tentang permasalahan dalam pernikahan sehingga mampu menghadapi tahap kehidupan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi dengan baik, sehingga memperoleh ketenangan, kebahagiaan lahir batin dan terhindar dari masalah- masalah yang menyebabkan perceraian. (2) Berbagai macam metode yang dilakukan pembina agar calon pengantin mengerti dan paham terhadap apa yang disampaikan oleh pembina agar sampai ke hati para calon pengantin. (3) Solusi yang dilakukan yaitu dengan menerapkan berbagai metode diantaranya yaitu metode ceramah dan nasehat, metode ini sangat efektif untuk di terapkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.302 Bimbingan perkawinan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:15
Last Modified: 22 Feb 2022 04:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13814

Actions (login required)

View Item View Item