Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Keterwakilan Perempuan Dalam Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Di Nagori Dusun Ulu Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun Periode 2019- 2015

Putri, Ananda Saskya (2019) Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Keterwakilan Perempuan Dalam Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Di Nagori Dusun Ulu Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun Periode 2019- 2015. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ananda Saskya Putri (23151014).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam struktur BPD adalah keterwakilan perempuan dalam hal memilih dan dipilih sesuai instruksi Permendagri bahwa keanggotaan BPd harus di isi oleh minimal satu orang perempuan dan proses pemilihannya yang harus dilakukan di forum perempuan pula yang memiliki hak suara, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah praktek mengenai keterwakilan perempuan dalam hal memilih dan dipilih telah sesuai dengan aturan yuridis. Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa di Nagori Dusun Ulu Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun dari setiap periodesasi pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hampir tidak ada satu perempuan pun yang terpilih menjadi anggota BPD dan pemilihan yang hanya di lakukan di forum laki-laki nampaknya memang sudah menjadi kebiasaan dari setiap periodesasi. Mengapa praktek tersebut terjadi, hal tersebutlah yang mendorong dilakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di lokasi yang menjadi tempat penelitian, yaitu di Nagori Dusun Ulu Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah wawancara. Dari penelitian ini dilakukan diketahui bahwa: praktek keterwakilan perempuan sebagai anggota BPD dalam hal memilih dan dipilih di Nagori Dusun Ulu Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun belum sesuai dengan aturan yuridis. Dengan alasan belum sesuai dengan instruksi permendagri bahwa anggota BPD harus di isi oleh minimal satu perempuan dan pemilihannya harus dipilih pula oleh perempuan warga desa yang memiliki hak suara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:56
Last Modified: 22 Feb 2022 04:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13811

Actions (login required)

View Item View Item