Metode Tahfidzul Qur’an pada Putra/Putri ( Studi Kasus di Pesantren Ruhul A’zham, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh)

Wati, Ely (2021) Metode Tahfidzul Qur’an pada Putra/Putri ( Studi Kasus di Pesantren Ruhul A’zham, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Elywati (IAT) (Repaired)-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diangkat menjadi penulisan Ilmiah bagi penulis, dikarnakan belom ada yang meneliti sehingga penulis mengangkat judul di atas untuk mengetahui metode apa yang ada dalam pesantren Ruhul A’zahm sehingga banyak daya taring masyarakat menempatkan anak-anaknya untuk mengabdi yang tujuannya supaya jadi penghafal-penghafal Al-Qur’an yang hebat. Tahfidzul Qur’an atau menghafal al-qur’an karim adalah sebuah mukjizat besar. Tahfidz qur’an juga merupakan satu mata pelajaran baik di pesantren maupun di perkuliahan yang menyangkut tentang keagamaan maka dari itu ada juga mata kuliah tahfidzhnya. Tahfidz Alqur’an juga merupakan suatu proses dimana untuk memellihara, menjaga dan melestarikan kemurnianya ( Alqur’an) yang diturunkan melalui Rasululllah Saw diluar kepala melalui mukjizat penurunan Alqur’an itu sendiri supaya tidak terjadi perubahan maupun pemalsuan Alqur’an ataupun dapat menjaga diri baik secara keseluruhan maupun sebagian dari Alqur’an itu sendiri. Dan dengan adanya metode-metode yang diterapkan itu dapat mempermudah dalam hafalan. Beserta faktor-faktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambat hafalan para putra/putri itu bisa dijadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan daya hafalan yang tinggi, serta syafaat dalam menghafalan Al-Qur’an itu jaminnanya surga, bahagia dunia akhirat. Penelitian ini bersifat lapangan untuk menjawab pokok permasalahan tentang Metode Tahfidzul Qur’an pada putra/putri studi kasus Pesantren Ruhul A’zham, sentang, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues , Aceh. Data-data dalam penelitian ini didapat langsung dari pemimpin pesantren, guru-guru, beserta putra/putri di pesantren Ruhul A’zham. Data-data dalam penelitian diperkaya dengan sumber yang relevan seperti Rekaman dari pimpinan pesantren, guru-guru, dan muridnya (putra-putri) pesantren Ruhul A’zham serta bagian sekretaris pesantren, atau literatur-literatur lain yang tertulis seperti, buku-buku, jurnal, majalah dan sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul Qur'an, Gayo Lues, Aceh
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2X1.12 Ilmu-ilmu qiraat > 2X1.129 Musabaqoh Tilawatil Quran, Musabaqah Hifdzil Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:54
Last Modified: 21 Feb 2022 08:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item