Perjanjian Sewa-Menyewa Tanaman Hias Perspektif Ibnu Qudamah (Studi Kasus Toko Bunga Rosadi Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang)

Lubis, Nurul Fazriah Ulfa (2021) Perjanjian Sewa-Menyewa Tanaman Hias Perspektif Ibnu Qudamah (Studi Kasus Toko Bunga Rosadi Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL FAZRIAH ULFA LUBIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Perjanjian Sewa-Menyewa Tanaman Hias Perspektif Ibnu Qudamah (Studi Kasus Toko Bunga Rosadi Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang). Permasalahan dalam skripsi ini adalah antara pemilik toko bunga dengan penyewa tanaman hias terdapat transaksi sewa-menyewa yang menyalahi ketentuan syari’at Islam. Masalah yang diteliti adalah Bagaimana praktek perjanjian sewa-menyewa tanaman hias di Toko Bunga Rosadi, Bagaimana pertanggungjawaban penyewa atas tanaman hias yang disewakan Toko Bunga Rosadi Perspektif Ibnu Qudamah. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, untuk mengetahui jawaban dari permasalahan- permasalahan diatas, Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data diarahkan untuk menggabungkan antara field research atau penelitian lapangan dan library reseach atau penelitian kepustakaan yang mana penulis mengambil lokasi data di Kecamatan Percut Sei Tuan dan wilayah narasumber sebagai penyewa. Adapun pendekatan yang digunakan adalah legal normatif dan conceptual approach. Bahan hukum yang dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan logika berfikir deduktif. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di lapangan menunjukkan bahwa dimana dapat merugikan salah satu pihak karena disebabkan bukan kelalaian atau kecerobohan pihak penyewa karena terdapat transaksi perjanjian sewa-menyewa tanaman hias yang menyalahi ketentuan syari’at Islam sehingga salah satu pihak merasa dirugikan karena adanya perbedaan pendapat. Maka hal tersebut tidak sesuai dengan konsep Islam fiqh yang sebenarnya, sehingga antara keduanya tidak merasa dirugikan atau tidak mendatangkan perselisihan di kemudian hari karena sesuatu yang semula mubah bisa menjadi haram dan dilarang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Ijarah, Tanaman Hias
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.23 Perjanjian
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:18
Last Modified: 18 Feb 2022 08:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13784

Actions (login required)

View Item View Item