Hubungan Personal Hygiene Dan Karakteristik Tempat Tinggal Dengan Pediculosis Capitis Pada Santriwati Tingkat Mts Di Pesantren Al Ihsan Labuhan Batu Utara

Aruan, Rizna Hayati (2021) Hubungan Personal Hygiene Dan Karakteristik Tempat Tinggal Dengan Pediculosis Capitis Pada Santriwati Tingkat Mts Di Pesantren Al Ihsan Labuhan Batu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZNA SIDANG REVISI PRINT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pediculosis capitis adalah penyakit kulit pada bagian kepala yang disebabkan parasit obligat yang merupakan parasit penghisap darah manusia untuk dapat mempertahankan hidup serta menghabiskan seluruh hidupnya di kepala manusia. Penyakit ini cukup sering dialami santriwati pondok pesantren disebabkan kurangnya menjaga kebersihan diri dan tingkat kepadatan hunian yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara personal hygiene dan karakteristik tempat tinggal dengan kejadian pediculosis capitis pada santriwati dipesantren Al-Ihsan Labuhan Batu Utara. Metode. Penelitian ini menggunakan metode adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional,teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Jumlah sampel 66 santriwati di pesantren dan dianalisis menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan personal hygiene buruk (66,7%), sebanyak (84,8%) tinggal di ruang kamar yang padat penghuni. kejadian Pediculosis capitis yaitu (86,4%). Kesimpulan penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara personal hygiene dan karakteristik tempat tinggal dengan kejadian pediculosis capitis. Sehubungan dengan penelitian tersebut, peneliti mengharapkan kepada para santriwati agar lebih menjaga personal hygiene atau kebersihan diri seperti halnya kebersihan kulit, kebersihan pakaian,dan kebersihan rambut. Dan menambah pengetahuan tentang personal hygiene dan kejadian pediculosis capitis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Personal Hygiene, Karakteristik Tempat tinggal, kepadatan hunian, pediculosis capitis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:00
Last Modified: 18 Feb 2022 08:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13768

Actions (login required)

View Item View Item