Hukum jual beli buah mangga yang mengandung unsur gharar perspektif Imam An-Nawawi (studi kasus di Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakya ) KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN)

Lubis, Maria Fitriani (2018) Hukum jual beli buah mangga yang mengandung unsur gharar perspektif Imam An-Nawawi (studi kasus di Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakya ) KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pokok yang mendasar, yaitu terjadinya praktik jual beli buah mangga yang bertentangan dengan aturan syariat Islam. Yang mana dalam jual beli ini pedagang buah mengkarbit buah mangga menggunakan batu karbit yang mengandung zat kimia berbahaya untuk mempercepat masa panen dan mendapatkan hasil buah yang bagus matang secara merata dengan warna menarik dan pedagang buah juga melakukan rekayasa dengan mencampurkan antara buah mangga karbitan dan buah mangga yang masak secara alami dalam satu tumpukan buah sehingga sangat sulit pagi pembeli untuk membedakan buah mangga yang dikarbit dan tidak dikarbit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hukum jual beli buah mangga karbitan yang terjadi dilapangan yaitu di Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Adapun jenis penelitian ini adalah yuridis empiris dengan metode penelitian lapangan (Field Research) yang digabungkan dengan metode penelitian pustaka (Library Research). Sehubungan dengan jenis penelitian yang digunakan yakni yuridis empiris maka pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan sosiologis (sociological approach) dan menggunakan pendekatan konseptual (conceptual approach). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan studi dokumnen. Jual beli buah mangga karbitan di Desa Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan tidak sah dan hukumnya haram, karena Imam An-Nawawi telah melarang bentuk jual beli yang akibatnya tersembunyi dalam pandangan dan akibat yang muncul menimbulkan mudharat. Jual beli ini termasuk jual beli yang mengandung unsur gharar dan Islam mengharamkan hal tersebut sesuai dengan larangan hadis Rasulullah Saw.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum, Jual Beli, Gharar, Mangga, Desa Tanjung Medan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 17 Feb 2022 08:53
Last Modified: 27 Apr 2022 05:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13766

Actions (login required)

View Item View Item