Pemberdayaan Ekonomi Nasabah Perempuan Melalui Program Paket Masa Depan (PMD) Di Bank BTPN Syariah MMS Kecamatan Tanjungbalai Selatan

Veni, Dea Lora (2021) Pemberdayaan Ekonomi Nasabah Perempuan Melalui Program Paket Masa Depan (PMD) Di Bank BTPN Syariah MMS Kecamatan Tanjungbalai Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dea LoraVeni.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Produk pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) adalah pembiayaan yang diberikan oleh Bank BTPN Syariah kepada masyarakat pra-sejahtera khususnya Ibu-Ibu (Perempuan) untuk upaya memberdayakan keluarga prasejahtera agar mendapatkan hidup yang lebih baik dengan menggunakan akad Murabahah dan Wakalah. Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pelaksanaan program Paket Masa Depan (PMD) pada Bank BTPN Syariah MMS Kecamatan Tanjungbalai Selatan dalam upaya pemberdayaan ekonomi nasabah perempuan. Kedua yaitu untuk mengetahui dampak bagi nasabah di Kecamatan Tanjungbalai Selatan dengan adanya program Paket Masa Depan (PMD) di Bank BTPN Syariah. Pendekatan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pertama, secara menyeluruhan Bank BTPN Syariah 90% sudah menjalankan tahapan syarat pembiayaan sesuai dengan ketentuan. Akan tetapi terdapat kurang maksimalnya peran pendamping yang diberikan oleh pihak Bank BTPN Syaariah (maintenance). Kedua, Program Paket Masa Depan (PMD 80% membawa dampak positif bagi kesejahteraan nasabah perempuan di Kecamatan Tanjungbalai Selatan untuk meningkatkan perekonomian baik keluarga dan masyarakat. Mereka yang ingin membuka usaha dan menambah modal usaha menjadi terbantu dengan adanya program Paket Masa Depan, walaupun ada sebagian nasabah yang belum merasakan dampak dari program Paket Masa Depan (PMD) karena kurang maksimalnya peran pendamping yang diberikan kepada mereka.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Feb 2022 08:23
Last Modified: 17 Feb 2022 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13764

Actions (login required)

View Item View Item