Hubungan Motivasi Dengan Keaktifan Kader Posyandu Pada Masa Pandemi Di Wilayah Kerja Puskesmas Helvetia Kecamatan Medan Helvetia Tahun 2021

Astuti, Dela Widia (2021) Hubungan Motivasi Dengan Keaktifan Kader Posyandu Pada Masa Pandemi Di Wilayah Kerja Puskesmas Helvetia Kecamatan Medan Helvetia Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DELA CETAK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat sedangkan pemerintah hanya sebagai fasilitator guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar agar kesehatan ibu dan anak dapat dipantau perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan keaktifan kader posyandu pada masa pandemi di puskesmas helvetia tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Sebanyak 76 kader dijadikan sampel dengan probability sampling. Analisis statistik univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi –square. Hasil analisis bivariat menunjukan ada hubungan motivasi kader dengan keaktifan kader pada masa pandemi dengan hasil uji statistik dengan menggunakan chi-square di dapatkan nilai p-value 0,004 < 0,05. Penelitian ini menemukan bahwa ada hubungan antara motivasi dengan keaktifan kader posyandu dan kader yang aktif memiliki motivasi yang tinggi untuk memajukan posyandu. Pelatihan tentang program dan kegiatan posyandu pada masa pandemi penting dilakukan kepada kader secara berkelanjutan, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan kemampuan kerja dalam melaksanakan kegiatan posyandu agar dapat meningkatkan keaktifan kader posyandu pada masa pandemi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:47
Last Modified: 17 Feb 2022 07:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13761

Actions (login required)

View Item View Item