Pengaruh Harga Paket Umrah, Inflasi, Kurs Rupiah Pada Dollar Terhadap Permintaan Jasa Umroh Di Kota Medan (Studi Kasus PT. Siar Haramain International Wisata)

Zaharah, Fatizah (2021) Pengaruh Harga Paket Umrah, Inflasi, Kurs Rupiah Pada Dollar Terhadap Permintaan Jasa Umroh Di Kota Medan (Studi Kasus PT. Siar Haramain International Wisata). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi Fatizah Zaharah RepositoryUIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingginya angka permintaan umrah di Kota Medan dan naiknya harga perjalanan umrah setiap tahunnya serta diikuti variabel inflasi dan kurs menjadi masalah yang diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga paket umrah, inflasi dan kurs Rupiah pada Dollar terhadap permintaan jasa Umroh di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan data yang bersumber dari BPS, Bank Indonesia dan PT. Siar Haramain International Wisata berupa data tahunan dan bulanan pada tahun 2014-2019. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji t, uji F dan koefisien regresi dengan software SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Harga berpengaruh dan signifikan terhadap permintaan dengan nilai t hitung sebesar 2,134 dan nilai signifikansi sebesar 0,038, lalu secara parsial inflasi berpengaruh dan signifikan terhadap permintaan dengan nilai t hitung 2,029 dan nilai signifikansi 0,048, dan secara parsial kurs berpengaruh dan tidak signifikan terhadap permintaan dengan nilai t hitung sebesar 2,029 dan nilai signifikansi 0,099. Secara simultan harga paket Umrah, inflasi dan kurs Rupiah pada Dollar berpengaruh signifikan terhadap permintaan jasa Umrah di Kota Medan. Berdasarkan kesimpulan bahwa dapat diketahui variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi variabel terikat adalah variabel harga paket Umrah yang memiliki nilai koefisien β (Beta) terbesar yaitu 0,877 dibandingkan dengan variabel bebas lainnya. Maka harga paket umrah merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi permintaan jasa Umrah di Kota Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.15 Haji > 2X4.154 Umrah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Feb 2022 08:43
Last Modified: 15 Feb 2022 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13714

Actions (login required)

View Item View Item