Sikap Mahasiwa Ilmu Perpustakaan Angkatan Tahun 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Dalam Pemanfaatan Software Mendeley Sebagai Reference Manager Dalam Penulisan Karya Ilmiah

Gultom, Jenny Fransiska (2021) Sikap Mahasiwa Ilmu Perpustakaan Angkatan Tahun 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Dalam Pemanfaatan Software Mendeley Sebagai Reference Manager Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
UPLOAD REPOSITORY.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap yang berikan mahasiswa ilmu perpustakaan angkatan tahun 2017 UINSU terkait pemahaman dan pengalaman mahasiswa dalam memanfaatkan software mendeley dalam penulisan karya ilmiah, dan hambatan yang terjadi saat mahasiswa menggunakan software mendeley dalam penulisan karya ilmiah serta cara mengatasi hambatan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang diantaranya mahasiswa ilmu perpustakaan angkatan tahun 2017 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang memiliki kriteria antara lain: Mahasiswa aktif jurusan ilmu perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara angkatan 2017, Mahasiswa yang memiliki Software Mendeley, Mahasiswa yang menggunakan Mendeley dalam penulisan karya ilmiah sebagai Reference Manager. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa dalam pemanfaatan Software Mendeley bisa dikatakan baik. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa mahasiswa mengetahui software mendeley dari Dosen saat mengajar si dalam kelas sejak semester 3 dan menggunakannya dalam penulisan karya ilmiah. Dalam penggunaan software mendeley mahasiswa juga mengalami beberapa kendala. Namun, mahasiswa dapat mengatasinya dengan adanya pengetahuan terkait software mendeley dan dengan melihat tutorial dari youtube.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Software Mendeley, Pemanfaatan, Kendala dalam penggunaan Software Mendeley.
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:54
Last Modified: 15 Feb 2022 02:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13708

Actions (login required)

View Item View Item