Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belaar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di Mts Al- Jumhuriyah Sei Rotan

Nurhidayah, Nurhidayah (2021) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belaar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di Mts Al- Jumhuriyah Sei Rotan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI NURHIDAYAH____.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah tingkat penguasaan yang dicapai oleh siswa dalam belajar atau pencapaian dalam mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk mencapai hasil belajar yang baik maka diperlukan kedisiplinan yang ada dalam diri siswa serta diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran, selain kedisiplinan, motivasi belajar yang dimiliki siswa juga akan menentukan tingkat keberhasilan dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) menjelaskan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Jumhuriyah Sei Rotan, (2) menjelaskan pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Jumhuriyah Sei Rotan, (3) menjelaskan pengaruh motivasi belajaran dan kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Jumhuriyah Sei Rotan. Untuk mencapai tujuan di atas, maka digunakan pendekatan penelitian explanatory dengan jenis penelitian kuantitatif.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi nilai siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda.Dimana analisis data ini untuk mengetahui keadaan (naik turunnya) variabel dependen yang dapat diprediksi melalui variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5.143 sedangkan ttabel sebesar 2,000. Dikarenakan ttabel lebih kecil dari thitung (2,000<.143) dan nilai signifikan 0,000, koefisien regresi sebesar 0,212 (2) terdapat pengaruh positif signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS dengan nilai thitung sebesar 2,384 sedangkan ttabel sebesar 2,000 atau (2,000<2,384) nilai signifikan 0.020 lebih kecil dari 0,05, koefiien regresi sebesar 0,105 (3) terdapat pengaruh positif signifikan kedisiplinan dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajar IPS ditunjukkan dengan nilai besarnya Fhitung sebesar 4.319 nilai ini lebih besar dari Ftabel(45.319>0,254), koefisien korelasi (R) sebesar 0,748.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:59
Last Modified: 15 Feb 2022 03:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13707

Actions (login required)

View Item View Item