Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pemberdayaan Komite Di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekkanopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara

Siregar, Panji Pandu Susilo (2021) Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pemberdayaan Komite Di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekkanopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS PANJI PASCA EDIT.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Peran komite di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekknopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, (2) Program Kepala Madrasah dalam pemberdayaan komite di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekknopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepala Madrasah dalam pemberdayaan komite di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekknopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, (4) Hambatan yang Kepala Madrasah rasakan dalam pemberdayaan komite di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekknopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, (5) Solusi yang di berikan Kepala Madrasah menghadapi hambatan dalam pemberdayaan Komite di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekknopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yaitu: Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah III (Bidang Humas), Ketua Komite, dan Sekretaris Komite. Adapun langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan kemudian menyimpulkan. Untuk menguji validitas data dilakukan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan lima temuan yaitu: (1) Peran komite di Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekknopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara belum cukup baik karena Komite hanya menunggu intruksi dari pihak madrasah (2) Program yang di lakukan oleh Kepala Madrasah Aliyah Swasta Al Washliyah Aekknopan Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara sudah cukup baik, (3) Faktor yang mempengaruhi karena kebutuhan madrasah akan komite sesuai regulasi yang ada, dan peluang untuk memberdayakan komite, (4) Hambatan Kepala Madrasah dalam pemberdayaan Komite adalah karena kesibukan masing-masing pihak dan Komite Madrasah tidak memberikan program mereka karena mereka hanya menunggu intruksi dari pihak madrasah, (5) Solusi dari pemberdayaan Komite adalah masing-masing pihak meluangkan waktunya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Komite Madrasah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2022 05:27
Last Modified: 14 Feb 2022 05:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13697

Actions (login required)

View Item View Item