Peran Kepala Madrasah Dalam Mengelola Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Gading Kota Tanjungbalai

Arnida, Susi (2021) Peran Kepala Madrasah Dalam Mengelola Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Gading Kota Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS SUSI ARNIDA 2022-1.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Program kepala madrasah dalam mengelola mutu pendidik, (2) Kebijakan kepala madrasah dalam mengelola mutu kualifikasi pendidik, (3) Pelaksanaan pengeloaan mutu pendidik, (4) Pengawas dan evaluasi yang dilakukan kepala madrasah terhadap mutu pendidik, (5) Faktor- faktor yang mempengaruhi kepala madrasah dalam mengelola mutu pendidik, (6) Hambatan-hambatan kepala madrasah dalam mengelola mutu pendidik, (7) Solusi kepala madrasah dalam mengelola mutu pendidik dan (8) Strategi kepala madrasah dalam mengelola mutu pendidik. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Sumber data yang didapatkan melalui lima orang sebagai informan. Prosedur pengumpulan data antara lain menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan kemudian memverifikasi. Untuk menguji validitas data dilakukan uji credibilitas dengan menggunakan teknik triangulasi, uji transferabilitas, dependabilitas, dan comfirmabilitas. Hasil penelitian di Madrasah Aliyah Swasta Al-Washliyah Gading Kota Tanjungbalai adalah: (1) Program kepala madrasah terhadap mutu pendidik adalah Pelatihan RPP, metode pembelajaran kitab kuning berbasis keaktifan siswa, dan study banding guru (2) Kebijakan kepala madrasah dalam mengelola mutu pendidik dan kualifikasi pendidik adalah menetapkan aturan selama pelatihan berlangsung, (3) Pelaksanaan program pengembangan mutu pendidik sudah terlaksana dengan baik melalui penerapan fungsi-fungsi manajemen, (4) Pengawasan dan evaluasi kepala madrasah sudah berjalan dengan baik melalui supervisi kelas dan evaluasi kerja guru diakhir semester, (5) Faktor pendukung kepala madrasah mengelola mutu pendidik adalah manajemen waktu, dana, fasilitas, motivasi guru dan tuntutan masyarakat, (6) Hambatan kepala madrasah dalam mengelola mutu pendidik adalah keterbatasan dana dan kurang disiplinnya pendidik, (7) Solusi kepala madrasah mengelola mutu pendidik adalah kerjasama dan berkomunikasi dengan baik (8) Strategi kepala madrasah terhadap mutu pendidik adalah motivasi pendidik dan memperluas relasi.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Mutu Pendidikan
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2022 05:18
Last Modified: 14 Feb 2022 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13694

Actions (login required)

View Item View Item