Hubungan Pemakaian Alat Pelindung Diri Dan Personal Hygiene Dengan Gejala Tinea Manum Pada Penjual Ikan Di Pasar Tavip Kota Binjai

Irfan, Muhammad (2021) Hubungan Pemakaian Alat Pelindung Diri Dan Personal Hygiene Dengan Gejala Tinea Manum Pada Penjual Ikan Di Pasar Tavip Kota Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhammad Irfan (0801172170).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tinea Manum merupakan Dermatofitosis yang terjadi pada tangan. Tinea Manum tersebar diseluruh dunia, yang dimana lebih sering dijumpai pada daerah tropis dan subtropis yang dimana dapat menyerang pada semua kelompok umur ,terutama pada orang-orang dewasa yang bekerja di tempat-tempat basah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Pemakaian Alat Pelindung Diri Dan Personal Hygiene Dengan Gejala Tinea Manum pada penjual ikan di pasar tavip kota Binjai. Jenis penelitian kuantitatif yang sifatnya survei analitik kemudian memakai desain studi cross-sectional. Pengumpulan data untuk penelitian ini memakai kuesioner yang kemudian diolah dengan memakai aplikasi SPSS. Untuk analisis data pada penelitian memakai uji chi square. Populasi penelitian berjumlah 92 penjual ikan dan sampel penelitian ini total sampling yaitu 92 Penjual Ikan. Terdapat hubungan antara Pemakaian Alat Pelindung Diri dengan Gejala Tinea Manum dengan P-value 0,001 < 0,05 dan terdapat juga hubungan Personal Hygiene dengan Gejala Tinea Manum dengan P-value 0,000 < 0,05. Untuk para penjual ikan, penting untuk selalu memakai alat pelindung diri dan selalu menjaga Personal Hygiene untuk diminimalisir penyakit akibat kerja, diantaranya infeksi jamur seperti Tinea Manum.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:41
Last Modified: 14 Feb 2022 04:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13690

Actions (login required)

View Item View Item