Manajemen Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Islam Terpadu (IT) Raudhotul Qurro Kota Tanjungbalai

Aswin, Aswin (2021) Manajemen Supervisi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Islam Terpadu (IT) Raudhotul Qurro Kota Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS ASWIN LENGKAP.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MIS IT RAUDHOTUL QURRO. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui teknik supervisi kepala madrasah, model supervisi kepala madrasah, dan evaluasi supervisi kepala madrasah di MIS IT RAUDHOTUL QURRO. Hasil temuan penelitian ini yaitu: (1) teknik supervisi kepala madrasah dilakukan dengan cara teknik perorangan dan teknik kelompok. Teknik perorangan dilakukan dengan cara kunjungan kelas, mengadakan pengamatan, membimbing guru mengatasi problem yang dihadapi siswa. Sedangakan teknik kelompok dilakukan dengan cara mengadakan rapat dewan guru, diskusi kelompok, dan mengikutsertakan guru dalam pelatihan untuk meningkatkan profesional guru (2) model supervisi kepala madrasah yang dilakukan adalah model supervisi klinis, dimana kepala madrasah melakukan suatu proses bimbingan dalam pendidikan dan bertujuan untuk membantu guru dalam mengembangkan profesionalnya dalam kegiatan mengajar. (3) evaluasi supervisi dilakukan dengan cara menganalisis hasil evaluasi terhaap pelaksanaan supervisi dan melakukan tindak lanjut hasil supervisi denganmengikutsertkan guru dalam pelatihan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Supervisi, Profesionalisme
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:18
Last Modified: 14 Feb 2022 04:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13685

Actions (login required)

View Item View Item