Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa/Kelurahan Pinang Mancung Kecamatan Bajenis Kabupaten/Kota Tebing Tinggi Tahun 2018)

Purba, Nur Hasanah (2021) Peran Perangkat Desa Dalam Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa/Kelurahan Pinang Mancung Kecamatan Bajenis Kabupaten/Kota Tebing Tinggi Tahun 2018). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHASANAH PURBA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran perangkat desa pada Desa Pinang Mancung Kecamatan Bajenis dalam Akuntabilitas pengelolaan dana desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang yang merupakan perangkat desa di Desa Pinang Mancung yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Kaur Pembangunan, Kaur Umum, Kaur Pemerintahan, dan Kepala Dusun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perangkat desa di Desa Pinang Mancung telah berperan dalam Akuntabilitas pengelolaan dana desa dengan menjalankan tugas-tugasnya mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, pengawasan dan pembinaan yang dijalankan sesuai tanggungjawabnya masing-masing perangkat desa di Desa Pinang Mancung dan telah melakukan pertanggungjawaban dengan adanya Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDes desa Pinang Mancung, walaupun dalam pelaksanaannya tugasnya masih ada perangkat desa di Desa Pinang Mancung yang membutuhkan bantuan tenaga ahli dari Kecamatan Bajenis dan bantuan Sekretaris desa Pinang Mancung seperti dalam pembuatan design bangunan dan RAB (rencana anggaran biaya) yang seharusnya dibuat oleh Kaur Pembangunan dan juga dalam pembuatan Laporan Keuangan yang dilakukan oleh Sekretaris desa saja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:07
Last Modified: 14 Feb 2022 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13684

Actions (login required)

View Item View Item