Analisis Produk Pembiayaan IB Modal Kerja Musyarakah Dalam Pengembangan Home Industry (Studi Kasus PT Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi)

Husna, Maulidya (2021) Analisis Produk Pembiayaan IB Modal Kerja Musyarakah Dalam Pengembangan Home Industry (Studi Kasus PT Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Maulidya Husna OKE (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan riset ialah guna mengetahui bagaimana prosedur pembiayaan IB Modal Kerja Musyarakah dalam Pengembangan Home Industry pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi, untuk mengetahui bagaimana efisiensi produk pembiayaan IB Modal Kerja dalam Pengembangan Home Industry dan untuk mengetahui apa saja hambatan bank dalam memberikan pembiayaan IB Modal Kerja Musyarakah kepada pelaku usaha Home Industry. Pendekekatan riset yang dipergunakan dalam riset ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis memanfaatkan teknik pengumpulan data berbentuk wawancara, observasi serta dokumentasi. Berdasarkan informasi yang didapatkan, prosedur pembiayaan IB Modal Kerja Musyarakah secara garis besar dimulai dari pengajuan permohonan, pemberitahuan persyaratan, nasabah memenuhi kelengkapan administratif, analisis awal, proses wawancara, survey, analisis kelayakan pembiayaan, akad dan terakhir realisasi pembiayaan. Dan produk pembiayaan IB Modal Kerja Musyarakah ini cukup efisien dalam pengembangan Home Industry nasabahnya dikarenakan pendapatan yang diperoleh oleh pelaku usaha Home Industry mengalami kenaikan semenjak menerima pembiayaan dari PT Bank Sumut Cabang Syariah Tebing Tinggi. Sedangkan hambatan bank ketika memberi pembiayaan kepada pelaku usaha Home Industry adalah kondisi usaha yang sedang menurun di masa pandemi sehingga menimbulkan resiko yang tinggi, jumlah pinjaman yang tidak sesuai dengan nilai agunan, penyerahan dokumen nasabah yang kurang lengkap dan terkendala masalah BI Checking.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:48
Last Modified: 14 Feb 2022 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13681

Actions (login required)

View Item View Item