Pelaksanaan Supervisi kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Binaan di Kementerian Agama Kota Tanjungbalai

Faisal, Faisal (2021) Pelaksanaan Supervisi kepala Madrasah di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Binaan di Kementerian Agama Kota Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SISTEMATIKA TESIS FAISAL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Binaan Di Kementerian Agama Kota Tanjungbalai. Adapun tujuan penelitian ini ingin mengungkap: (1) Pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan Kepala Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Binaan Di Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, (2) Teknik supervisi akademik yang dilakukan kepala Kepala Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Binaan Di Kementerian Agama Kota Tanjungbalai, (3) faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan supervisi akademik Kepala Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Binaan Di Kementerian Agama Kota Tanjungbalai. Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik Trianggulasi dengan teknik pengumpulan data: dokumen, wawancara, dan observasi. Langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menyimpulkan. Untuk menguji validitas data dilakukan uji credibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan Kepala Madrasah Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Binaan Di Kementerian Agama Kota Tanjungbalai sudah benar dan dan mengikuti prosedur yang sudah ada namun pelaksanaannya belum optimal dikarenakan masih ada hambatan dalam pelaksanaannya seperti sarana dan prasarana dan lainnya, (2) Teknik supervisi akademik yang digunakan kepala sekolah adalah dengan menggunakan teknik individu dan kelompok, teknik individu seperti kunjungan kelas, observasi, teknik kelompok seperti rapat dan seminar, (3) Faktor penunjang pelaksanaan supervisi akademik adalah adanya program supervisi, motivasi dari kepala sekolah, adanya keinginan guru untuk disupervisi, saling terbuka, dan komunikasi kepala sekolah dengan guru-guru bagus. Sedangkan faktor penghambatnya adalah banyaknya beban kerja kepala sekolah, terbatasnya waktu yang kepala sekolah miliki, kurangnya sarana dan prasanan sekolah, pemikiran yang berbeda antara guru dan kepala sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:18
Last Modified: 14 Feb 2022 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item