Hubungan motivasi berprestasi dan disiplin dengan hasil belajar evaluasi pembelajaran pai mahasiswa prodi Tarbiyah semester VI STAI-JM Tanjung pura Kabupaten Langkat

Nadia, Zuama (2016) Hubungan motivasi berprestasi dan disiplin dengan hasil belajar evaluasi pembelajaran pai mahasiswa prodi Tarbiyah semester VI STAI-JM Tanjung pura Kabupaten Langkat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Zuama.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar Evaluasi Pembelajaran PAI mahasiswa Prodi Tarbiyah Semester VI STAIS JM Tanjung Pura Kabupaten Langkat. 2) Untuk mengetahui hubungan antara disiplin dengan hasil belajar Evaluasi Pembelajaran PAI mahasiswa Prodi Tarbiyah Semester VI STAIS JM Tanjung Pura Kabupaten Langkat. 3) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan disiplin secara bersama-sama dengan hasil belajar Evaluasi Pembelajaran PAI mahasiswa Prodi Tarbiyah Semester VI STAIS JM Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Semester VI Prodi Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Jam‟iyah Mahmudiyah (STAI-JM) Tanjung Pura Kabupaten Langkat yang berjumlah 175 orang untuk Tahun Akademik 2015-2016. Sampel penelitian ini ditetapkan berjumlah 64 orang yang berpedoman kepada pendapat Isaac dan Michael dan penarikan sampel dilakukan dengan teknik stratified proporsional random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala likert. HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR EVALUASI PEMBELAJARAN PAI PRODI TARBIYAH SEMESTER VI (ENAM) STAI-JM TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT “ ZUAMA NADIA” 6 Angket disusun berdasarkan indikator variabel. Setelah dilakukan uji instrumen, diketahui seluruh instrumen variabel X1 yang terdiri dari 30 butir, instrumen variabel X2 yang terdiri 30 butir, seluruhnya valid. Serta instrumen variabel Y yang terdiri dari 10 butir soal, nilai KKM seluruhnya mendekati nilai yang diinginkan atau valid.Untuk menjaring data ini, maka diperlukan suatu penelitian dengan menggunakan uji korelasi, uji rehabilitasi, uji Chi Kuadrat,uji t, uji regresi linear, uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi tergolong baik, dan untuk disiplin juga tergolong baik serta hasil belajar mahasiswa juga tergolong efektif. Uji persyaratan analisis data variabel X1, X2 dan Y diketahui bahwa seluruh variabel berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan pengujian linieritas dan hasil uji linieritas, ternyata regresi antara variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y juga linier dengan nilai p < 0,05. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh hubungan X1 terhadap Y tergolong sedang yaitu 0,674. Sumbangan X1 terhadap Y sebesar 0,03 atau 39.1 %. Hubungan X2 terhadap Y tergolong kuat yakni 0,7. Sumbangan X2 terhadap Y sebesar 0,5. Hubungan X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y tergolong sedang sebesar 68.7 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari angka perhitungan lebih besar dari angka di tabel. Ini artinya bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi Berprestasi ( 1 X ) dan Disiplin ( 2 X ) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Evaluasi Pembelajaran PAI (Y) mahasiswa.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:26
Last Modified: 14 Mar 2017 03:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item