Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum R.I. No. 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana Dan Sarana Persampahan Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) Di Kelurahan Kenangan Kecamatan Percut Sei Tuan)

Ifnaidy, Miftah Nadiyah (2021) Implementasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum R.I. No. 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana Dan Sarana Persampahan Ditinjau Dari Fiqh Siyasah (Studi Kasus Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS) Di Kelurahan Kenangan Kecamatan Percut Sei Tuan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIFTAH NADIYAH IFNAIDY (0203162052).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan yang dilakukan di TPS Kelurahan Kenangan dan Kantor Camat Percut Sei Tuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana implementasi Permen PU No. 03/PRT/M/2013 tentang penyelenggaraan prasarana dan sarana persampahan pada TPS Kenangan di Kecamatan Percut Sei Tuan, apa saja kendala dalam menangani permasalahan persampahan di tps kenangan dan bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap implementasi permen tersebut. Dalam penulisan skripsi ini, penulis akan membahas peran pemerintah kecamatan percut sei tuan dalam menangani penyelenggaraan prasarana dan sarana persampahan dan pengelolaan sampah rumah tangga di tps kenangan. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh melalui Observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara), dan Dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka (libarary research) berupa, Al-Quran, Hadist, peraturan perundang-undangan, jurnal, dokumen serta buku dan karya ilmiah lainnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis menemukan bahwa faktanya dalam penyelenggaraan prasarana dan sarana persampahan, serta dalam mengelola sampah di kecamatan percut sei tuan masih belum berjalan secara maksimal sesuai dengan Permen PU No. 03/PRT/M/2013. Kepala Seksi Kebersihan Kecamatan Percut Sei Tuan telah melakukan peningkatan kinerja pelayanan persampahan dan melakukan koordinasi serta sinkronisasi penyediaan prasarana dan sarana pengelolaan sampah ke pemerintah daerah supaya bisa mengurangi arus sampah yang besar dari setiap desa dan mampu menangani masalah persampahan ini, serta memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Dalam tinjauan fiqh siyasah pelaksanaan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum R.I. No. 03/PRT/M/2013 sudah sesuai dengan syariat Islam. Seorang pemimpin yang hadir di tengah-tengah masyarakat (ummah) mempunyai tanggung jawab untuk memberikan bimbingan, arahan dalam segala aspek yang berkaitan dengan masyarakat, sosial demi pembangunan wilayah kekuasaannya secara maksimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 14 Feb 2022 02:37
Last Modified: 14 Feb 2022 02:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item