Kontribusi Rahmah El-Yunusiyyah Padang Panjang tarhadap pendidikan kaum wanita

Silfiani, Silfiani (2020) Kontribusi Rahmah El-Yunusiyyah Padang Panjang tarhadap pendidikan kaum wanita. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Silfiani (FITK_PAI_0301161017)-dikonversi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rahmah El-Yunusiyyah melalui Madrasah Diniyyah Lil al-Banat yang didirikannya pada 1 Nopember 1923 berupaya untuk memberikan hak kepada wanita untuk mendapatkan kesempatan yang sama seperti para lelaki dalam memperoleh kesempatan berpendidikan. Selain itu sistem koedukasi yang selama ini diterapkan bagi para pelajar membuatnya dan para pelajar wanita lainnya tidak nyaman dalam kegiatan belajar, akhirnya banyak pelajar perempuan yang malu manakala bertanya seputar ilmu keislaman yang terkait khusus tentang prihal wanita, sehingga membuat para pelajar wanita kurang memahami ilmu keislaman secara mendalam. Upaya yang dilakukannya ini juga sekaligus membantah anggapan-anggapan masyarakat di lingkungan tempat Rahmah El-Yunusiyyah tinggal bahwa pendidikan yang diberikan kepada wanita sama sekali tidak ada manfaatnya disebabkan wanita pada akhirnya akan beraktivitas mengurusi rumah tangga saja. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana kontribusi yang diberikan Rahmah El-Yunusiyyah kepada kaum wanita untuk dapat merasakan hal yang sama dalam memperoleh kesempatan berpendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan metode pendekatan sejarah untuk mengkaji kontribusi seorang tokoh. Penelitian tersebut ditulis secara deskriptif analisis melalui sumber referensi utama dan pendukung terkait tokoh Rahmah El-Yunusiyyah. Kontribusi yang dilakukan Rahmah El-Yunusiyyah dimulai dengan kesadaran bahwa pentingnya wanita untuk mengetahui pendidikan agama, maka Rahmah El�Yunusiyyah membangun lembaga pendidikan bernama Madrasah Diniyyah Lil al-Banat yang dilengkapi dengan kompetensi tambahan seperti memasak, menyulam, ilmu kebidanan, serta pelajaran umum yang mendukung kompetensi peserta didiknya ketika berada di lingkungan masyarakat. Semua ini sebagai bentuk usaha merealisasikan tujuan madrasahnya yaitu menciptakan generasi “Ibu Pendidik”

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rahmah El-Yunusiyyah, Pendidikan Kaum Wanita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 376 Education of women
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 11 Feb 2022 05:32
Last Modified: 11 Feb 2022 05:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13665

Actions (login required)

View Item View Item